
Mercedes Benz
Logo bintang segitiga Mercedes punya arti
khusus — dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara.
Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan
pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama
Mercedes. Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft
(DMG) namun berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu
dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya,
Mercedes.
Saat itu, Mercedes
merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah
hasil merger dua perusahaan mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau
DMG, yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta
Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl Benz.Logo saat ini, bintang
dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.
Audi

Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc &
Cie pada 1899. Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari
perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya,
Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru. Ketika mendiskusikan
nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa
Latin di sudut ruangan menanyakan arti‘audiatur et altera pars’
[bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?] Kata ‘Horc’
adalah singkatan dari kata ‘mendengar’ dalam Bahasa Jerman. Sementara
Audi adalah kata latin yang juga berarti ‘mendengar’. Kemudian, pada
1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger
menjadi satu perusahaan, Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa
empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi
kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.
BMW

Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran
terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling.
Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru.
Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin
pesawat terbang, misalnya ‘Red Baron’ untuk pemerintah Jerman selama
Perang Dunia I. Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah
Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW. Kondisi tak punya
pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah.
Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda
bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil — yang mendunia.
Chevrolet

Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet,
‘bowtie’. Yang pertama, pendiri perusahaan, William C Durant
terinspirasi kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia
merobeknya untuk dijadikan logo. Versi cerita berbeda datang dari
istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat
kabar Virginia — ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia,
sekitar tahun 1912.
Ferrari

Simbol ‘Cavallino Rampante’ alias kuda jingkrak
Ferrari ternyata punya cerita menarik. Simbol itu aslinya adalah emblem
para penerbang Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga
Franceco Baracca — penerbang Italia yang gugur dalam perang. Ketika
Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo
tersebut di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca.
Kemudian, ‘kuda jingkrak’ tak hanya dipasang di mobil Ferrari.
Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa
ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan.
Fiat

Pada 1899, perusahaan bernama “Fabbrica Italiana Automobili
Torino” atau disingkat Fiat didirikan di Turin. Poster khusus dicetak
untuk merayakan hari itu. Di kiri atas poster, terdapat gambar seniman
lengkap dengan perkamen kecil berisi nama perusahaan, itulah logo
pertama Fiat. Logo itu kemudian mengalami beberapa modifikasi hingga
saat ini. Dalam ulang tahun ke 100 Fiat, pada 1999 diperkenalkan logo
baru berlapis krom dengan karakteristik khusus pada huruf ‘A’ dengan
latar belakang biru. Logo baru Fiat baru pertama kali digunakan pada
Bravo, pada tahun 2006. Logo baru mewakili visi Fiat — sebuah merek yang
fokus terhadap tantangan di masa depan, tetapi juga bangga dengan
identitas historisnya .
Ford

Logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf
‘Ford’ yang ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.
Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills — rekan dekat Henry Ford.
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama. Ketika
rekannya, Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan
set cetakan tuanya dan model huruf yang digunakan di masa remajanya
untuk mencetak kartu nama. Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam
logo Ford. Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi
biru. Logo terakhir — oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100
tahun Ford Motor Company.
Lamborghini

Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang
pemilik. Salah satunya logo ‘banteng mengamuk’ di Lamborghini. Pendiri
perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila matador, sampai-sampai
memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya. Banyak mobil Lamborghini
yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam
event-event dunia.
Renault

Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault
ketika baru berusia 21 tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf
depan Renault bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel. Perusahaan ini
juga punya logo khusus untuk tank militer — setelah tank ringan produksi
perusahaan Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I. Logo bentuk
berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972
oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini,
berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.
Volkswagen

Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan
logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling
sederhana dan cepat dikenal di dunia. Logo berbentuk V di atas huruf W
dengan latar belakang lingkaran warna biru. Volkswagen dalam Bahasa
Jerman berarti ‘mobil rakyat’. Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi
yang dimenangkan Franz Reimspiess. Volkswagen punya latar belakang
sejarah menarik — dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. Adalah ide
Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk
masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang
Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil.
Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan
militer ketimbang mobil untuk rakyat — membuka kedok di balik maksud
Hitler sebenarnya. Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris
mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya. Awalnya,
orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior. Namun, VW
berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu
mobil terlaris di dunia.
Volvo

Volvo berarti ‘saya berputar’ dalam bahasa latin. Kata Volvo
berasal dari kata latin ‘volvere’ yang berarti berputar. Logo Volvo
adalah simbol kuno untuk besi — yakni lingkaran dengan anak panah
menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan. Simbol ini juga
merepresentasikan ‘Mars’ dewa perang. Mobil Volvo juga secara
tradisional dikenal untuk fitur keselamatan. Simbol kuno besi digunakan
untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia. Logo Volvo
terpasang di atas latar belakang biru.
Hyundai

Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki
slogan ‘Drive your way’ ini memiliki logo huruf ‘H’ dikelilingi
bentuk oval — menggambarkan keinginan kuat perusahaan untuk mendunia.
Huruf H yang miring dan bergaya, juga menggambarkan simbol dua orang —
representasi perusahaan dan pelanggan — sedang berjabat tangan.
Toyota

Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf ‘T’ yang berarti
‘Toyota’. Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri
dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf
‘T’ merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling
mempercayai antara pelanggan dan Toyota. Latar belakang oval yang lebih
besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak
terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.

Kamis, 09 Februari 2012
Makna dan Sejarah Logo Mobil
Berbagai
model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi,
logo perusahaan mobil tidak pernah berubah. Dibalik keabadian logo
tersebut ternyata tersimpan maksud dan sejarah. Logo tak hanya sekedar
simbol identitas visual suatu produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi
penting — memperkenalkan produk ke pasar dunia.Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal,
berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya. Ada maksud
tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran.
Ini cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.






0 komentar:
Posting Komentar